Perang Gaya, Bentuk dan Budaya

Unknown | 00.37 | 0 komentar



Sasaran yang palig lugu dan mudah dipengaruhi secara masal dalam dunia sensasi, gaya berpakaian, gengsi fans bermusik dan bebagai penak-pernik pergaulan adala anak-anak remaja yang secara psycologi tengah mencari tahu siapa dirinya. Mereka mencoba dan melakukan ide dan trands yang berkembang dan masal pada zamannya, sebagai warga negara yang suatu saat nanti adalah penerus sah pewaris NKRI yang menganut faham Bhenika tunggal Ika ini, tidak berlebihan ketika kita banyak berharap kelak dimasa depan mereka-mereka itu menjadi anak-anak bangsa yang penuh dengan inovasi pula mampu menceritakan dan mencitrakan identitas bangsanya di monitor maya dunia, mari kita lihat apa yang terjadi dalam keluhan atau pemer-pemer anak-anak remaja ketika sedang asyik koment, update status dan memajang gambar-gambar di faceebook jejaring social yang hari ini telah menjadi alat baru dalam kemungkinan segala halnya, tidak banyak penulis temukan tematik diskusi yang mengarah kepad keperdulian yang mencita-citakan negeri ini untuk terkenal dan dipandang sebagai bangsa yang berkarakter dengan teradisi-tradisi budaya yang diaktualisasikan sesuai dengan zamannya,  dan hari ini bila tradisi atau budaya-budaya itu mampu kita kemas menjadi sebuah gambar, film, seni animasi,musik atau cerita sastra yang lebih mengesankan dan mengahayati budaya ke-lokalanya, peluangnya akan sangat mudah terlihat dari berbagai media jejaring social atau pemberitaan dunia maya, sehingga anak-anak bangsa ini tidak hanya menajdi pengekor tradisi-tradisi pop masal yang pada dasarnya mampu pula untuk mereka ciptakan, sebut saja kegelisahan seorang kawan dengan gambar-gambar kartunya yang mengetengahkan gambar-gambar yang bernuansa tokoh-tokoh mitos Indonesia yang dikems dalam dengan detail gambar dan warna-warna yang lebih artistic dan berkarakter, meski gambar-gambar itu muncul dan terinsfirasi dari negara asing tapi bahan-bahan cerita dan bentuk tokoh yang khas itulah yang kelak dapat pula mewarnai bentuk pilihan lain dalam berbagai jenis tontonan yang menanamkan nilai-nilai budayanya sendiri.
Lalu factor apa yang telah mempengaruhi sikap dan prilaku anak-anak muda untuk lebih terpengaruh tradisi dan trand dalam segala hal itu, misalkan/ mereka hari ini lebih nyaman dan merasa keren dan gaul kalau menggemari grup boy band dari korea, amerika, jepang, cina dll. menggemari kartun-kartun animasi yang bernuansa jepun dan Hollywood, belum lagi film-film anak-anak remaja yang banyak mengetehkan tema-tema kebebasan ala barat yang menganggap masa muda adalah masa yang penuh dengan kebebasan yang berakhir dengan free sex dan pesta-pesta yang dirayakan layaknya acara ritual keagaman. 
saya tidak mengungkapkan bahwa apa yang menjadi gaya dan trans anak muda sekarang negative sepenuhnya atau  tidak menghormati keberagaman kretivitas citra berbagai warga negara, namun identitas ke-khasan bangsa Indonesia pula patut dikemas dan disuguhkan sebagai alternative komunikasi budaya atau tradisi yang dikemas dalam berbagai ciri dan bentuk lain dari keberagaman itu sendiri.
Sehingga sisi-sisi positif bangsa Indonesia pula layak dikenal oleh khalayak dunia, sebagai bangsa terkenal yang kretif bercirikhas kearifan lokalnya sendiri.
Lalu bagaimana kita membuat dan mengawali pencitraan dalam creativitas dalam dunia seni dan hiburan yang bermasya fans anak-anak muda dan remaja yang tanpa disadari akan terbentuk oleh tradisi dan budaya masal yang berkembang pada zamannya. Dengan memulai mencintai dan kembali menghayati makna-makna cerita kerakyatan atau bentuk-bentuk music tradisi, tari dan lukisan yang berciri khas kelokalan  pula maka kita sebagai anak muda telah mengupayakan untuk meletakkan citra-citra yang actual untuk bangsa yang kaya dengan seni-seni tradisionlnya ini. Semoga kita semua dalam masa perubahan masal yang berjalan cepat ini   dapat segera sadar bahwa’’ tembok terakhir pertahanan suatu bangsa adalah tradisi-tradisi dan budaya yang arif yang mampu menginsfirasi kita untuk menjadi manusia yang berbudaya dan bijaksana.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar