Amanat dan Cita-cita Pendidikan

Unknown | 04.52 | 0 komentar


Pendidikan merupakan tiang dan pondasi terpenting dan mendasar dalam kehidupan rakyat, dengan komitment yang kuat dalam penyelenggaraan pendidikan Nasional maka masa depan suatu bangsa yang cemerlang dapat diwujudkan dengan baik dan membanggakan.

Para pendahulu bangsa ini telah meletakan cita-cita yang mulia dengan memperhatikan kecerdasan bangsanya, dengan bukti yang telah mereka tegaskan dalam UUD tahun 1945 pasal 31 ayat 1 untuk mengamanatkan kepada kelompok-kelompok terpelajar difungsi pemerintahan yang kemudian diberi wewenang meng-usahakan dan menyelenggarakan pendidikan nasional yang diharapkan mampu Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta terbentuknya akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kemudian dalam Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang sisitem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1, menegaskan bahwa apa yang dimaksud dengan pendidikan adalah: “Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran”. Hal ini dilakukan agar dalam prosesnya peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan dan kesadaran spiritual keagamaan, pengendalian diri, berkepribadian, cerdas, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, sebagai bagian masyarakat bangsa, dan negara.

Amanat UUD tahun 1945 yang telah menjadi kerangka dasar untuk mewujudkan dan mensukseskan cita-cita bangsa, kelak pada hasil akhir dari penyelenggaraan-penyelanggaraan Pendidikan Nasional yang sadar dibangun itu, akan menjadi sebuah tolak ukur dari sebuah keberhasilan untuk menghantarkan bangsanya memiliki kehidupan yang sejahtera dalam segala ukuran dan konteksnya.

Seperti apa yang telah dicita-citkan para pendahulu dalam bentuk payung hukum dan undang-undang maka, sudah merupakan kewajiban dari berbagai element untuk mendukung dan mensukseskan proses pembentukan insani yang mampu hidup dalam keberdayaannya sebagai warga negara, segala bentuk yang mungkin hari ini masih dianggap ketimpangan dan ketidak seriusan dalam membangun Pendidikan Nasional hendaknya dapat segera di benahi dan segera di carikan solusinya untuk masadepan yang lebih baik.

Banyak hal yang akan didapat dan bisa dinikmati ketika upaya-upaya nyata dalam dunia pendidikan menjadi lebih baik, salah satunya adalah meninggkatnya kesadaran kemanusiaan atas kehidupan yang selaknya bermartabat dengan nilai-nilai positif yang telah ditanamkan, dan akhirnya pendidikan telah menjadi salah satu tujuan dalam membentuk kehidupan yang berkarakter dan berdaya citra manusiawi.

Membangun kesadaran melalui pendidikan merupakan sebuah kewajiban dan upaya sadar sehingga dalam sejarahnya peradaban yang ideal akan dikenang sebagai mode atau tauladan bagi generasi setelahnya, meski kondisi pendidikan di negeri yang berbhenika tunggal ika ini secara teknis belum terlihat benar-benar sungguh untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya, namun yakinlah bahwa dalam setiap generasi yang terlahir, secara alami akan ada yang membawa dampak apapun terlebih untuk sebuah perubahan yang mengarah kepada perbaikan dalam dunia pendidikan, tinggal bagaimana amanat dan cita-cita pendidikan itu akan direspon dan diejawantahkan oleh mereka yang telah memiliki peran dan fungsi strategisnya, baik di tataran penentu kebijakan ataupun pelaku dan peraktisi langsung di dunia pendidikan yang telah dicita-citakan, untuk bahu membahu dalam mewujudkan amanat dan cita-cita adalah sebuah jihat dunia dan akhirat.  Semoga. gadingemasandalas@gmail.com (085379739581)

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar