Atasilah Rasa Takut Anda

Unknown | 05.04 | 0 komentar


Rasa takut dengan sesuatu hal yang terdapat pada diri seseorang, tanpa disadari apabila dibiarkan dapat menyebabkan sebuah kerusakan, baik kerusakan ditinggkat individu tersebut maupun terhadap lingkungannya,. Rasa takut yang kadang tidak beralasan dalam jiwa seseorang itu, kadang menjadi alasan bertindak dan bersikap untuk mengambil sebuah keputusan, mengadapi atau menghidari apa yang dianggap rasa takut tersebut.

Rasa takut merupakan reaksi manusiawi yang secara biologis merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang pada saat menghadapi bahaya. Ketakutan adalah emosi yang muncul pada saat orang menghadapi suatu ancaman yang membahayakan hidup atau salah satu bidang kehidupan tertentu. Ketakutan biasa disebut dengan tanda peringatan terhadap hidup, peringatan agar berhenti, melihat atau mendengarkan.

Atau merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yg dianggap akan mendatangkan, takwa; segan dan hormat, tidak berani (berbuat, menempuh, menderita, dsb) gelisah; khawatir (kalau ...)
  
Hal-hal yang berkaitan dengan rasa takut pada diri seseorang.
Takut tidak makan, takut tidak dapat jodoh yang diidamkan, takut miskin, takut dihina, takut pada kematian, takut terhadap kejahatan, takut dihianati, takut tidak dihargai, takut ditertawakan, takut jadi bahan pergunjingan, takut menjadi tua, takut menghadapi seseorang dan berbagai perasaan-perasaan takut lainya.

Lalu apa kemungkinan yang terjadi apabila seseorang salah merespon rasa takut tersebut. berikut beberapa  kemungkinan yang akan terjadi apabila anda salah meresponya rasa takut tersebut.
Ras takut tidak makan kadang mendorong seseorang untuk melakukan pencurian, merampok dan bahkan korupsi, rasa takut tidak dapat jodoh memicu seseorang untuk tidak pernah merencanakan untuk membangun keluarga yang harmonis, rasa rakut miskin telah memicu seseorang untuk menjadi penipu agar mendapatkan kekayaan dengan cara instan, rasa takut pada kematian bisa memicu seseorang untuk melindungi dirinya secara berlebihan dan lain sebagainya.

Daftar rasa takut diatas, merupakan pemicu dari setiap tindakan yang mungkin terjadi pada diri sesorang, apa bila individu tersebut salah merespon rasa takut yang muncul maka, hal-hal yang merugikan dapat menjadi dampak terhadap individu tersebut, dan bila rasa takut itu didramatisir didalam diri pula, segala hal yang kerap dikenal dengan “tekanan batin” akan menjadi sebuah kegelisahan yang mengacaukan daya konsentrasi dan sikap rasional untuk mendapatkan solusi dalam menghadapinya, berhati-hatilah dengan sikap dan keputusan dalam menghadapi rasa takut yang berlebihan.

Sebenarnya manusia diperingatkan untuk selalu belajar atas segala sikap dan prilaku yang akan mengakibatkan manusia itu terjebak kedalam lembah penyesalan, dan berbagai ketidaknyamanan lain terhadap buah perbuatan, dan rasa takut itu kerap muncul mengikuti berbagai  sangkaan negatif atas segala laku dosa dan ketidak harmonisan yang telah dilakukan semasa dalam pergaulan hidup.

Maka dirasa perlu bagi setiap individu yang telah melakukan kesalahan, yang berkaitan dengan mengkhianati hati nuraninya, untuk segera bertobat dan menyesalinya, sebab dengan melakukan penyasalan dan berjanji untuk tidak mengulanginya maka peluang untuk selalu damai dan harmonis dengan diri sendiripun akan terbuka lebar.

Pada dasarnya rasa takut merupakan hal yang wajar singgah dan menghampiri kedalam diri manusia, sebab rasa takut biasanya mengajarkan pengharapan untuk bersandar terhadap sesuatu yang Maha kuat, Maha melindungi sebuah kekuatan diluar dirinya sendiri, yaitu sang Maha pencipta yang telah menitipkan rasa takut itu kepada seseorang lantaran ujian atas hal-hal yang tidak bersesuayan yang pernah dilakukan. namun berkat lantaran rasa takut dan khwatir itulah manusia terus hidup dan menggunakan potensi akalnya untuk menyiasati segala kemungkinan yang akan terjadi, sejatinya seseorang itu mungkin telah melupakan ke-Maha Besaran Tuhan  semasa hidupnya, karena berbagai hal yang berkaitan dengan dinamika kondisi hidup yang dijalaninya.

Dan apabila seseorang telah menyadari atas semua tingkahlaku yang baik dan tidak baik, maka sudah merupakan kewajiban individu tersebut untuk menciptaan, kedamaian batin dalam keyakinan yang kuat atas, Maha Kayanya Sang Pencipta, jelas kita tidak akan dibiarkan terlantar dan sia-sia. Mulai saat ini isi hari-hari dengan perbaikan segala sikap dan sangkaan atas pengalaman hidup yang tidak menyenangkan. Hidup memang pilihan namun jelas siapapun ingin hidup damai berkelimahan dan bersesuaian dengan hukum-hukum yang berlaku, baik hukum alam maupun norma-norma yang telah disepakati sebagai landasan hidup bermasyarakat dan berkeluarga. 

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar