PERINGATAN MALAM TAHUN BARU ITU TIDAK PENTING

Unknown | 04.34 | 2 komentar


Penting dan tidak pentingnya sebuah agenda acara perayan adalah tergantung dari apa manfaat baik yang akan didapatkan, perayaan malam tahun baru yang identik dengan tumpah ruahnya masyarakat dengan kemacetan, meingkatnya emisi gas buang kendaraan, terkonsentrasinya masa di pusat-pusat kota atau bahkan dipinggiran pesisir lalu diakhiri ledakan, riuh terompet dan kilatan percikan kempang api yang sekejap hingga beberapa pemborosan-pemborosan bahkan sampai pada polusi sosial lainya.

Malam tahun baru yang kerap dirayakan hampir diseluruh dunia ini, dalam bentuk-bentuk perayaannya pun tidak jauh berbeda dibandingkan dengan negara lain yang merayakannya, perayaan yang dianggap meriah itu selalu diwarnai dengan aktivitas spontan dan latah, hampir-hampir tanpa kesan dan juntrungan yang jelas dari apa yang akan didapatkan. Meskipun ada beberapa pemerintah daerah menganggarkan dana untuk merayakan gemerlapnya acara tahun baru.

Hampir setiap tahun laku perayaan malam tahun baru tidak pernah menyisakan sebuah gagasa atau konsep-konsep baru yang mengarahkan sikap masyarakat yang dipimpin langsung oleh pemerintah untuk besama-sama mengevaluasi perkembangan atau kemunduran individu ataupun klompok masyarakat, sehingga cerminan-cerminan kegiatan ditahun lalu menjadi bahan perenungan untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang telah dilakukan.

Acara yang telah mentradisi disetiap pergantian tahun ini, semestinya dikemas menjadi malam perenungan bersama rakyat oleh pemerintah, agar minimnya bentuk-bentuk kegiatan yang hanya bersifat hura-hura tanpa kesan dan bekal semangat untuk menghadapi tahun yang telah berganti. Sebagai contoh pemerintah mengemas secara resmi dan terkonsep, membuat acara tahun baru tersebut dengan sebuah perayaan-peraayaan keberhasilan program pemerintah yang telah dilakukan, sehingga masyarakat dapat merasakan dan mengetahuai bersama-sama apa-apa yang telah dilakukan pemerintah selama setahun yang telah dijalani, kemudian acara tersebut dapat dikonsentrasikan disebuah alun-alun atau taman-taman kota secara serentak, dengan membangun komunikasi yang akrab dan menghadirkan berbagai macam lapisan masyarakat.

Agar acara malam tahu baru itu tidak terkesan campur baurnya tujuan yang tidak jelas kemana tujuannya, ada baiknya pemerintah mengkonsep acara-acra tersebut dengan berbagai segmentasi agar manfaat dari acara perayaan malam tahun baru yang akan diadakan itu jelas manfaatnya. Sehingga malam tahun baru yang diperingati jauh dari kesan masksiat, hura-hura dan mubazir belaka,  dan sudah seharusnya di era dimana anggota masyarakatnya yang sudah terdidik ini perayaan malam tahun baru dapat dikemas dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan aspek yang mungkin menghibur tapi mendidik, dengan mengaktualisasikan acara-acara tradisi yang dekamas menjadi kontemporer.

Sehingga tidak ada lagi citra perayaan acara malam tahun baru itu hanya dimanfaatkan untuk kesenangan yang mungkin dangkal dari penghayatan makna-makna syukur atas tahun yang telah dilewati sebelumnya, yang pada hakikat sebenarnya pula dengan bertambahnya tahun secara tidak sadar dan otomatis, durasi usia seseorang telah berkurang, sangat disayangkan apabila perayaan malam tahun baru itu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang jauh dari sebuah kesadaran bersama dan individu untuk berharap dalam semangat yang baru, bahwa tahun kemarin harus lebih baik dari tahun baru yang akan di masuki. Akhirnya malam tahun baru yang dirayakan itu pun jauh dari kata-kata” Perayaan Malam Tahun Baru Itu Tidak Penting”. semoga

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  2. Betul gan, mlam tahun baru kadang2 banyak yg buat dosa di awal tahun, banyak yg ngeraya'in dengan pesta2 maksiat, seperti minum2an keras dan hal2 yg tidak berguna lainya . . .