Tujuh Manfaat membacakan Dongeng pada Anak-anak

Unknown | 10.56 | 0 komentar



Meski tergolong aktivitas sederhana, membacakan dongeng buat anak sebelum tidur ternyata sangat  bermanfaat. Apa saja manfaat dongeng sebelumtidur itu, Mari kita baca urutan uraian berikut ini.
1. Merangsang imajinasi & kreativitas

Sebelum tidur, biasanya anak berada dalam kondisi yang sangat rileks dan hal tersebut sangat mendukung anak dalam membayangkan setting cerita pada dongeng yang akan. Anak tersebut akan membebaskan imajinasinya seluas mungkin sehingga kemampuannya dalam membayangkan sesuatu semakin baik (seperti tokoh fiktif Sherlock Holmes yang memiliki kemampuan imajinasi yang luar biasa). Sehingga dengan aktifitas sederhana itu, kreativitas anak pun akan berkembang. Dalam membacakan dongeng, hendaknya anak diberi kebebasan dalam membayangkan cerita, tidak harus sama dengan orang tua atau sesorang yang biasa menbacakannya. Setiap anak memiliki hasil tangkap dan pengimajinasian yang berbeda-beda terhadap isi cerita. Selama itu tidak terlalu jauh dari inti cerita, maka masih bisa dimaklumi karena imajinasi anak-anak memang tidak terbatas.dan di sisi lain pula, imajinasi dan kreativitas orangtua juga bisa meningkat, yakni dengan berimprovisasi dalam penyampaian isi cerita atau dongeng yang dibacakan.
2. Mengembangkan kecerdasan berbahasa dan perbendaharaan kata pada anak
Anak yang sedang menyimak dongeng secara otomatis juga akan memperhatikan kosa kata dan unsur-unsur bahasa lainnya yang terkandung dalam dongeng tersebut. Dengan demikian, kemampuan berbahasa mereka akan semakin meningkat. Dampak positif itu akan sangat terasa ketika anak-anak sudah dewasa. Tutur kata mereka akan sangat rapi, logis, dan memikat. Tidak hanya itu, mereka juga akan mampu menuliskan pendapat atau isi pikiran ke dalam tulisan yang teratur dan mudah dipahami. Kabarnya, Bung Karno sering dibacakan cerita/dongeng oleh ibundanya sewaktu beliau masih kecil. Ketika dewasa, presiden pertama RI itu pun menjadi orator ulung yang memiliki kecerdasan berbahasa yang tinggi.
3. Mengembangkan keterampilan berpikir
Saat sedang dibacakan dongeng, sang anak secara alamiah akan berpikir banyak hal tentang dongeng tersebut, mulai dari alur cerita, nama-nama tokoh yang muncul, konflik-konflik yang terjadi, dan solusi yang diambil para tokoh dalam menyelesaikan masalah itu. Hal ini merupakan sarana yang cukup baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya.
Seiring berjalannya waktu, si kecil mungkin akan sering bertanya saat didongengkan bila pikirannya menemukan hal-hal yang agak ganjil dalam dongeng tersebut. Hal ini merupakan pertanda bahwa pikirannya mulai berkembang.
4. Mengembangkan emosi
Alur cerita pada dongeng biasanya turun-naik dengan kejutan-kejutannya. Kadang sang tokoh utama mendapat kemalangan, kadang juga begitu beruntung sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan cemerlang. Alur seperti ini dapat mengembangkan emosi anak secara alamiah, seperti empati, rasa prihatin, sedih, bahagia, ceria, peduli, dan lain sebagainya.
5. Menanamkan nilai moral dan etika
Ada banyak nilai moral yang bisa kita petik dari dongeng, misalnya kejujuran, kesetiakawanan, sifat rendah hati, pekerja keras, baik hati, suka menolong, dan lain sebagainya. Orangtua yang membacakan dongeng bisa menjelaskan dan mengajak anak untuk meneladani sifat baik sang tokoh utama, serta nilai-nilai moral yang mulia yang ada pada dongeng.
Dalam kondisi yang rileks ketika sedang didongengkan, si kecil akan menyelami betul karakter baik para tokoh, serta periilaku positif yang muncul dalam dongeng yang dimaksud. Dengan demikian, mereka pun akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang hangat dan sangat paham akan nilai moral dan etika yang berlaku di masyarakat.
6. Mempererat ikatan emosional dengan orangtua
Ketika membacakan dongeng pada anak yang hendak tidur, maka orangtua sedang berada dalam suasana yang sangat akrab dengan anaknya tercinta.
Secara fisik dan emosi, mereka begitu dekat. Apalagi ditambah dengan suasana malam yang hening dan tenang, maka aktivitas itu semakin meninggalkan kesan yang mendalam di antara keduanya. Akhirnya, ikatan emosional anak dan orangtua pun semakin kuat.
7. Relaksasi/hiburan
Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtua bisa menjadi ajang relaksasi yang sangat menghibur bagi anak. Hiburan itu bahkan tidak kalah dibanding acara favorit si Kecil di televisi.Setelah menjalani hari yang mungkin melelahkan, si Kecil jelas membutuhkan istirahat. Dan, istirahat mereka akan semakin sempurna melalui hiburan dongeng yang dibacakan oleh orangtua. Ketika bangun di pagi hari, semangat si Kecil akan pulih kembali, dan bahkan akan semakin kuat karena malam harinya telah mendapatkan hiburan yang sangat istimewa dari orangtuanya.   Sumber: http://ditter.wordpress.com

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar