Apa mungkin pendidikan memanusiakan manusia?

Unknown | 07.40 | 0 komentar


Harapan yang besar bagi masyarakat terhadap dunia pendidikan hari ini masih menjadi pertanyaan besar bagi kita semua, bila kita melihat realita penyelanggara dunia pendidikan yang mungkin hari ini masih terbentur pada kesungguhan pemerintah untuk memajukan sumber daya manusia supaya berkwalitas, bermental agamis, humanis dan berdaya skill dalam basis kebutuhan local kedaerahan. Banyaknya materi mata pelajaran yang notabenenya adalah teori pula menjadi salah satu miss oreintasi dalam pemahaman teknis yang semestiya dapat mereka pelajari disekolah. Praktek seharusnya  menjadi salah satu pembekalan terhadap keahlian, sebagai bekal para peserta didik pulang kerumahnya masing-masing, sewaktu mereka menemukan realitas dilingkungannya lalu mereka terinsfirasi menjadi siswa yang akan mencoba ingin mengembangkan atau membuat sesuatu dan bertolak dari yang ada dilingkungannya. Dimana peran dan fungsi setrategis pendidikan dalam membangun SDM yang baik dan berkwalitas. Peran dan fungsi pendidikan seharusnya bertolak dari kemampuan dasar individu siswa, lalu memfasilitasi kebutuhan siswa-siswa tersebut dengan pengetahuan dan keahlian yang mereka inginkan, bila setinggkat SMA mereka belum pula menemukan apa yang mereka mau, semestinyalah tugas penyelenggara pendidikan untuk memberitahukan ilmu atau kemampuan apa saja yang seharusnya mereka kuasai, dengan berbagai metode efektif yang berkaitan dengan seleksi minat dan bakat, sehingga kemampuan atau skill itu adalah dasar-dasar keahlian yang sangat pokok. Tugas lembaga pendidikan disamping memberikan skill atau ilmu-imu yang mereka butuhkan pula adalah meng update perkembangan keahlian yang sesuai dengan zamannya, disamping baca dan tulis individu siswa adalah manusia-manusia yang harus dibekali dengan berbagai macam keahlian dan pemahaman ideologi nasionalisme dan kesadaran hidup bersama yang sesuai dengan basis kedaerahanya, sehingga lembaga pendidikan yang beroreintasi memanusiakan manusia tersebut, dapat menyelesaikan tugas dan misinya dengan menjadikan siswa-siswa itu menjadi manusia mandiri yang cerdas, bertanggung jawab dalam fase tingkatan-tingkatan tahap pendidikan yang ada. Hari ini ukuran keberhasilan seseorang bukan hanya ditentukan oleh tingkat pendidikan, namun tingkat pendapatan dan kebahagian lahir dan batin yang dimiliki, sehingga dengan kesadaran-keasadaran yang manusiawi mereka dari kalangan sukses itu dapat menjadi contoh untuk memberikan apa yang seharusnya didapatkan. Evaluasi dan desain kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa pula akan menjadikan siswanya memiliki skill dengan bakat dasar siswa untuk meraih kesuksesan yang harmonis yang menjadi idaman orang tua, sejak nol tahun berharap dengan dunia pendidikan yang katanya mampu memproses anaknya menjadi individu yang sukses dalam segala kesadarannya. Bagaimana peran dan upaya pemeritah dalam memajukan SDMnya melalui pendidikan di Indonesia hari ini, itu adalah pertanyaan yang semestinya dijawab dengan hati yang bersih dalam sikap dan tindakan yang sesegera mungkin untuk memperbaharui system dan model-model belajar mengajar yang mungkin perlu segera direvolusi secara besar-besaran oleh para penyelenggara pendidikan yang ada, dalam nilai-nilai dasar keinginan bangsa ini untuk menjadi bangsa yang sejahtera dengan prinsip “Inggarso sungtulodo ing madyo mangunkerso tutwuri handayani” dan berbagai macam nilai-nilai selogan kebangsaan lainnya. semoga terimakasih

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar