Pelajaran Senilai Satu Juta Dolar
Cerita motivasi disadur dari
buku A Million Dollar yang dikarang oleh, Petey Parker. Petey Parker adalah seorang yang memberikan dasar-dasar bisnis inti, ia memulai
konsultasi dan seminar untuk semua kalangan. Dia membawa sebuah perseptif yang
jujur sebagai pengamat, memberikan wawasan strategis, dan membantu banyak
perusahaan dalam menemukan solusi akan program-program dan agenda perusahaan.Berikut adalah ceritanya.
Seorang sopir taxi di dallas telah mengajarkan saya bagaimana memnuhi
harapan dan kepuasan penggan. Sebuah pelajaran seharga satu juta dollar.
Mungkin kita kita harus mengeluarkan ribuan dollar untuk membayar seorang
keynote atau pembicara professional dalam sebuah seminar atau pelatihan
motivasi, untuk karyawan perusahaan. Tapi kali ini saya hanya cukup
mengeluarkan ongkos taxi seharga 12 Dolar saja.
Berikut cerita: suatu hari saya terbang ke Dallas utuk bertemu seorang
klien. Waktu sangat terbatas, karena saya harus segera kembali ke airport. Saya
menghentikan sebuah taxi. Begitu taxi itu berhenti, dengan segera sopir taxi
membuka pintu mobilnya untuk saya, dan memastikan bahwa saya telah duduk dengan
nyaman di dalamnya.
Begitu saya duduk di belakang kemudi, dia menunjuk sebuah Koran wall Street
Journal yang terlipat rapi disamping saya untuk dibaca. Kemudian dia menawarkan
beberapa kaset, dan menanyakan jenis music apa yang saya sukai. “Wow,” saya
cukup terperanjat dengan pelayanannya. Lalu saya menoleh ke sekeliling. Mungkin
ada program “Candid Camera” yang ingin menjebak dan mengolok-olak saya. Dengan
penasaran saya memberanikan diri bertanya pada sopir taxi itu, “Wah,
kelihatannya anda sangat senag sekali dengan pekerjaan anda. Tentunya anda
punya cerita panjang mengenai pekerjaan anda ini”.
“Anda salah,” jawawabnya, “Dulu saya bekerja di Corporate Amerika (perlu
diketahui itu adalah sebuah perusahaan besar di Amerika). Tetapi saya merasa
letih kerena berapapun kerasnya usaha untuk menjadi yang terbaik dalam
perusahaan itu, ternyata tidak pernah memuaskan hati saya. Kemudian saya
memutuskan untuk menemukan sebuah langkah dalam kehidupan saya, dimana saya
bisa merasa bangga dan puas kerena mampu menjadi diri sendiri yang terbaik”.
“Saya tahu, lanjutnya, Saya takkan pernah menjadi seorang ilmuwan roket,
tetapi saya suka sekali mengendarai mobil dan memberikan pelayanan pada orang
lain. Saya ingin merasa bahwa saya telah melakukan pekerjaan yang terbaik
setiap harinya. Lalu, saya merenungi apa yang menjadi kelebihan saya, dan Wham..saya
menjadi seorang sopir taxi.”
“Satu hal yang saya yakini, supaya meraih keberhasilan dan usaha saya ini,
saya hanya perlu memahami kebutuhan penumpang saya. Tetapi agar bisnis saya ini
menjadi luar biasa, saya harus melebihi harapan penumpang saya. Tentu saja saya
ingin meraih hasil yang luar biasa ketimbang yang biasa-biasa saja”.
Waw ini adalah sebuah pelajaran nyata yang luar biasa. Menurut anda, apakah
apakah saya memberinya tip atas pelayanan yang diberikannya?. Anda salah!
Keluarnya dia adalah kerugian bagi Corporate Amerika, tetapi teman perjalanan
yang baik.
Kesipulannya adalah:
Bahagia bukanlah semata-mata disebabkan oleh penghasilan atau jabatan yang
tinggi, namun bahagia adalah suatu hal yang kita merasa bangga dan puas telah
melkukannya.
Jika usaha anda ingin behasil, penihi, kebutuhan customer. Jika ingin usaha
luar biasa, lebihi apa yang menjadi harapan costomer.
Sumber:
fabiojunior81@gmail.com
Category: MOTIVASI
0 komentar